Hukum

Kenali Hukum Bisnis Sebelum Menjual Perusahaan Anda

Dalam hukum bisnis, menjual perusahaan adalah proses yang panjang, berlarut-larut, dan seringkali membuat stres. Pembeli ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan nilai penuh untuk investasi mereka. Sedangkan penjual ingin memastikan bahwa mereka mendapat kompensasi yang layak untuk menciptakan, mengembangkan, dan menumbuhkan organisasi selama bertahun-tahun, bahkan mungkin puluhan tahun. Seluruh proses dikerjakan dengan dokumen, uji tuntas, dan konsultasi tanpa akhir dengan penasihat untuk setiap detail kecil.

Menjual perusahaan bisa sangat bermanfaat. Seorang pemilik hanya perlu tahu apa yang diharapkan ketika hukum untuk bisnis mempelajari hukum bisnis. Tidak peduli apa industrinya, ada hal-hal yang harus diharapkan pemilik dalam prosedur. Berikut adalah tiga hal yang harus diketahui pemilik tentang menjual bisnis sebelum proses dimulai.

Penawaran Akan Jatuh Sebelum Mereka Datang

Selama kesepakatan, kedua belah pihak tampaknya akan mencapai kesepakatan, hanya untuk masalah muncul di kemudian hari. Kesepakatan itu mungkin gagal dalam banyak kesempatan, terutama karena satu atau lebih pihak tidak senang dengan keadaan saat ini. Kadang-kadang, rasanya tidak ada pihak yang bisa mencapai resolusi atau kompromi yang memuaskan.

Pemilik perusahaan harus mengharapkan ini terjadi, dan terjadi lebih dari sekali, selama transaksi bisnis. Setiap Law Firm Jakarta penjualan yang sukses memiliki momen-momen ini. Kecuali pemilik bisnis diperingatkan dengan benar, itu akan terasa seperti bencana telah terjadi. Namun, tidak demikian.

Bersiaplah untuk Keuangan Tanpa Akhir

Pemilik juga harus mempersiapkan evaluasi keuangan tanpa akhir dan aliran angka demi angka yang stabil.

Seorang spesialis hukum bisnis dapat membantu Anda menavigasi melalui parade perhitungan keuangan dan dokumen yang tampaknya tak ada habisnya yang muncul sebagai hasil dari kesepakatan. Kedua belah pihak ingin memastikan bahwa mereka memaksimalkan nilai, dan itu hanya dapat terjadi jika pemahaman yang kuat dan menyeluruh tentang situasi keuangan yang mendasari tercapai.

Urusan Khusus

Bagian utama lain dari penjualan perusahaan atau organisasi adalah menavigasi labirin detail yang membutuhkan pengetahuan khusus.

Misalnya, Anda akan membutuhkan ahli hukum bisnis yang dapat menangani konsekuensi hukum dari penjualan dan semua persyaratan hukum yang menyertai penyerahan kepemilikan. Anda juga akan membutuhkan akuntan yang dapat mencerna pertanyaan keuangan dan memastikan bahwa semua angka dievaluasi dengan benar (lihat di atas).

Yang terbaik adalah mencari bantuan dari mereka yang memiliki pengalaman. Jika tidak, menjual perusahaan tanpa bantuan ahli dapat menjadi hal yang menakutkan. Disarankan untuk mempekerjakan spesialis yang memahami sifat rumit dari penjualan bisnis, dan yang dapat memberi Anda nasihat tepat waktu tentang apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Leave a Reply